Banjarbaru – Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dr Ir Prihasto Setyanto mengapresiasi kepemimpinan  Dr Hc Sahbirin Noor selama menjabat Gubernur Kalimantan Selatan. Hal ini ia ungkapkan saat memberikan sambutan pada saat pembukaan Pasar Pangan Murah di halaman Kantor Dinas TPH Kalsel, Banjarbaru Sabtu (23/4/2022) lalu.

Begitu tiba di Kalsel, Prihasto mengaku salut dengan pembangunan di Kalsel. Salah satunya ia kagum dengan kemegahan Bandara Syamsuddin Noor sekaligus pula capaian di sektor lainnya khususnya di bidang pertanian.

“pembangunan seperti ini tanpa kepemimpinan yang baik tak dapat terlaksana,” ujarnya.

Dirjen Hortikultura Kementan RI tersebut memberikan apresiasi kepada jajaran Pemprov Kalsel rela menggunakan waktu libur untuk menggelar pasar murah tersebut.

“Diharapkan dengan gelar pasar murah ini dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat maupun kestabilan harga pangan,” harap Prihasto.

Pasar pangan murah akan terus digelar sekaligus memantau rantai distribusi pangan untuk menjaga agar tak terjadi inflasi harga khususnya kala menjelang lebaran.

“Saat ini inflasi Indonesia masih level 3 persen, lebih baik dibandingkan negara lainnya yang bahkan ada mencapai 8 persen ,” katanya. 

Kadis TPH Kalsel Syamsir Rahman mengatakan Kalsel bersiap menjadi pintu gerbang sekaligus pemasok pangan bagi  IKN di Kaltim. 

“Sesuai arahan Gubernur Kalsel, beliau meminta petani tak jadi penonton dengan keberadaan IKN di Kaltim, mereka jangan dibiarkan sendirian harus kita bantu sehingga Kalsel dapat menjadi pemasok pangan bagi IKN,” kata Syamsir.

Dinas TPH Kalsel telah membentuk klaster hortikultura di Tabalong, Balangan, dan HSU dimana ke depannya siap menjadi pemasok pangan ke IKN Kaltim. “Mereka kita bantu dengan membeli hasil pertaniannya dengan harga yang pantas, kata Syamsir. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here