Banjarbaru – Kebijakan pemerintah yang tidak lagi membatasi mudik seperti tahun sebelumnya, dipastikan akan banyak masyarakat termasuk di Kalsel yang akan meninggalkan rumahnya untuk mudik di momen Idul Fitri 1443 H ini.

Atas dasar  selain pengamanan untuk mendukung kelancaran arus mudik, Polda Kalsel bersama TNI dan instansi lainnya juga akan meningkatkan intensitas pemeliharaan kamtibmas di lingkungan permukiman.

“Kamtibmas, seperti sebelumnya saat Idul fitri kami antisipasi rumah-rumah kosong diduga ditinggalkan dengan ditingkatkan patrolinya,” ujar Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto di Banjarbaru.

Kapolda memprediksi arus mudik ke luar daerah di Kalsel akan didominasi masyarakat pekerja sektor industri pertambangan dan perkebunan sawit.

Karena itu Kapolda mengajak masyarakat untuk peran serta dalam pengamanan lingkungan dengan bersama-sama mengawasi dan menjaga lingkungannya masing-masing agar tak terjadi pencurian dan pembobolan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya mudik.

Meski, Kapolda menyebut tak ada daerah yang secara spesifik  menjadi titik rawan, namun risiko gangguan kamtimbas di momen mudik seperti tawuran antar kampung patut diwaspadai.

Masalah lama saat pulang kampung bertemu lagi jadi berkelahi apalagi tawuran jangan ya. Jangan merusak momen bagus Idul Fitri dengan hal demikian,” kata Irjen Rikwanto.

Selain itu, penanganan atas risiko kejahatan lainnya seperti pencurian di tempat keramaian, peredaran gelap narkotika dan yang lainnya juga tentu akan tetap jadi perhatian Kepolisian.

Mengiringi momen sebelum, saat dan pasca Idul Fitri, Polda Kalsel dibantu TNI dan instansi lainnya di Kalsel juga akan melaksanakan Operasi Kewilayahan bersandi Ketupat Intan 2022 Polda Kalsel.

Operasi ini akan digelar selama 12 hari mulai Kamis (28/ April /2022) hingga Senin (9/ Mei /2022) melibatkan kurang lebih 2.000 personel gabungan.

Kesiapan personel dan armada pendukung juga sudah dicek oleh Kapolda Kalsel dalam Apel Gelar Pasukan di Lapangan Satpas Ditlantas Polda Kalsel, Jalan A Yani kilometer 21, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalsel, Jumat (22/4/2022) lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here