Lomba Jukung Gubernur Kalsel Cup 2022 Gerakkan Ekonomi Pedesaan

0
198

Banjar – Perhelatan lomba jukung tradisional Gubernur Kalsel Cup 2022 di Desa Sungai Rangas Tengah mendapatkan sambutan antusias masyarakat setempat. Pembakal Sungai Rangas Tengah M Noor mengatakan perhelatan lomba jukung Gubernur Kalsel Cup 2022 ini merupakan yang terbesar dibandingkan tahun – tahun sebelumnya. “Dibandingkan sebelumnya ini yang terbesar, kita berterima kasih kegiatan ini mendapatkan dukungan Pemprov Kalsel, dalam hal ini Dispora Kalsel,” katanya, disela kegiatan lomba jukung, Minggu (15/5/2022) siang.

Adanya kegiatan ini untuk mendukung terbukanya Desa Sungai Rangas Tengah sebagai desa wisata sungai di Kalimantan. “Di sini sudah ada wisata sungai  khatulistiwa, namun masih dalam tahap persiapan sarana dan prasarananya,” kata M Noor.

Ia juga bersyukur dengan perhelatan lomba jukung piala Gubernur Kalsel ini dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. “Seperti kita lihat ada warga desa sini bisa berjualan dan membuat lahan parkir,” kata M Noor.

Sementara Kadispora Kalsel Hermansyah mengatakan even ini bakal menjadi agenda rutin oleh Dispora Kalsel setiap tahunnya. “Sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, lomba jukung ini akan menjadi agenda rutin untuk dilaksanakan,” katanya.

Dengan adanya lomba jukung ini maka diharapkan jukung sebagai noda transportasi sungai sejak masa silam di Kalsel bakal dapat dilestarikan agar tak punah tergerus zaman. “Jukung merupakan kearifan lokal yang harus dipertahankan, karena itulah salah satu tujuan dari terselenggaranya lomba jukung tradional Gubernur Kalsel Cup 2022 ini,” pungkasnya. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here