Ribuan Warga Saksikan Lomba Jukung Tradisional Gubernur Kalsel Cup 2022

0
1153

Banjar – Lomba Jukung tradisional atau Festival Perahu Naga Gubernur Kalsel Cup 2022 yang digelar di Desa Sungai Rangas Tengah Kecamatan Martapura Barat Kab Banjar Minggu (15/5/2022) mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat. Ribuan warga memenuhi jalan dan mendatangi kawasan wisata sungai Khatulistiwa yang terletak di Sungai Martapura tersebut.

Lomba diikuti lebih dari 50 peserta dari berbagai Kabupaten/kota di Kalsel sepertiBanjar, Banjarmasin, Tapin, Batola dan HSS.

Lomba jukung tradisional Piala Gubernur Kalsel ini dilaksanakan Dispora Kalsel bekerjasama dengan Pemdes Sungai Rangas Tengah dan aparat TNI/Polri. Lomba jukung mempertandingkan balapan jukung isi 6 orang. Masing – masing peserta harus memacu jukung nya dengan menggunakan kayuh.

Bagi pemenang sudah menanti hadiah piala dan uang pembinaan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Kadispora Kalsel Hermansyah mengatakan tujuan kegiatan lomba jukung tradisional ini dalam rangka menghidupkan budaya sungai yang melekat di masyarakat Banjar agar tak tenggelam oleh arus modernisasi. “Ini juga mendukung berkembangnya  kearifan lokal dan sekaligus menjaga kebersihan sungai di sisi lingkungannya,” kata Hermansyah.

Selain itu perhelatan lomba jukung ini juga mendukung agar pariwisata Kalsel menggeliat. “Kegiatan ini sesuai harapan Gubernur Kalsel, agar menghidupkan potensi sungai di Kalimantan Selatan sekaligus agar jukung tradional tak tenggelam oleh modernisasi transportasi darat yang berkembang kian pesat,” kata Hermansyah. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here