Siswa Dikenalkan Gusti Sholihin, Pelukis Kelas Dunia Asal Kalsel

0
196

Banjarbaru – puluhan SMP di Kalsel mendapatkan pembelajaran berharga dalam kunjungan belajar di Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, Rabu (18/5/2022) siang. Mereka mendapatkan pengetahuan sejarah biografi tentang sosok Gusti Sholihin Hasan, seorang pelukis dan seniman perupa berdarah Banjar.

Selain mendapatkan materi mengenai sosok Gusti Sholihin, para siswa juga diajak lomba melukis dengan didampingi para guru pembimbing masing – masing.

Pengetahuan akan sosok Gusti Sholihin ini dikenalkan pihak Museum Lambung Mangkurat agar para generasi banua mengenal lebih jauh tentang sosok pelukis yang sudah bertaraf  internasional. “Gusti Sholihin merupakan seniman pelukis dan perupa asal Banjar yang kelasnya sudah bertaraf internasional, beliau sekelas dengan Affandi atau Basuki Abdullah,” kata Suprihanto, Kepala Museum Lambung Mangkurat, saat ditemui disela kegiatan belajar siswa di Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru.

Menurut Suprihanto, sosok Gusti Sholihin perlu lebih diperkenalkan kepada generasi banua karena beliau adalah sosok seniman pelukis asal Kalsel satu – satunya yang kiprah dan karyanya diakui dunia nasional maupun internasional. “Karena itulah dalam kegiatan belajar di Museum Lambung Mangkurat kali ini kita mengundang para siswa SMP se Kalsel yang memiliki minat khusus seni melukis, agar mereka mendapatkan pengetahuan lebih jauh,” kata Suprihanto.

Selain itu, dengan mengenal sosok Gusti Sholihin, diharapkan dapat menumbuhkembangkan bakat generasi muda khususnya kalangan pelajar SMP untuk menjadi seniman pelukis. “Gusti Sholihin merupakan sosok inspiratif bagi dunia seni lukis di Kalsel,” tambahnya.

Kegiatan belajar di Museum Lambung Mangkurat digelar 4 kali dalam setahun dengan pembiayaan berasal dari Dana DAK Pendidikan Non Fisik. “Setiap kali kegiatan belajar, materi pembelajaran berbeda – beda,” kata Suprihanto.

Nispi Laili, Guru SMPN 1 Mataraman mengatakan dengan kegiatan belajar dan lomba melukis di Museum Lambung Mangkurat ini diharapkan menumbuhkan bakat dan minat siswa akan seni melukis. “Selain itu siswa diharapkan dapat mengenal lebih jauh akan seniman – seniman pelukis asal Kalsel,” kata Nispi.

Diakuinya, minat seni melukis tak begitu banyak diminati siswa. “Karena itu, siswa yang kita bawa memang sudah diseleksi di sekolah, kita juga punya kegiatan ekstrakurikuler seni melukis di sekolah yang digelar setiap Minggu,” kata Nispi.
Untuk diketahui Museum Lambung Mangkurat memiliki ruang khusus yang menampilkan Karya lukis Gusti Sholihin. Karya – karyanya semasa hidup terpampang dapat disaksikan di ruang tersebut mulai dari periode kehidupannya saat di Bali hingga Sao Paulo Brazil.

Selain itu juga ditampilkan foto dan kliping pemberitaan media cetak nasional mengenai Gusti Sholihin semasa hidupnya termasuk karya – karyanya yang sudah diakui dunia. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here