Banjarmasin – Sekretaris Daerah Prov Kalsel. Ir. Roy Rizali Anwar., ST., MT., menghadiri Rapat Koordinator Teknis Long Form SP 2020 di Galaxy Hotel, Senin (23/5).

Sekretaris Daerah Prov Kalsel Roy Rizali Anwar dalam arahannya mengatakan, sensus penduduk merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan sejalan dengan rekomendasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hasil Data Sensus Penduduk 2020 sangat strategis dan merupakan data terkini/update yang berguna bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Karena data penduduk merupakan data dasar dalam penyusunan kebijakan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan disemua aspek.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan yang dilaksanakan oleh BPS, yang sedang berlangsung hingga bulan Juni 2022 nanti,” sampainya.

Lebih lanjut Roy, mengatakan, pendataan SP 2020 lanjutan ini akan menghasilkan parameter demografi seperti kelahiran, kematian, dan migrasi serta informasi penting lainnya guna menghasilkan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) dan RPJMN bidang kependudukan.

Kesuksesan pelaksanaan SP2020-Lanjutan ini sebut sekda, diperlukan kolaborasi antara BPS sebagai penyedia data statistik, dan dinas/instansi terkait seperti Dinas Kependudukan,Catatan Sipil dan KB sebagai partner BPS dalam mewujudkan satu data kependudukan.

Lalu diskominfo dalam membantu menyebarkan luaskan proses kegiatan dan output dari SP2020-Lanjutan nantinya, serta Bappeda sebagai pengguna data yang terkait dengan perencanaan pembangunan daerah di Kalimantan Selatan.

“Kami mengajak kepada seluruh jajaran dinas/lembaga/instansi di Lingkungan Pemprov Kalimantan Selatan untuk mendukung dan menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan,” ajaknya.

Sekda berharap, kegiatan rakortek ini dapat bermanfaat sekaligus untuk menjalin kebersamaan dalam upaya memajukan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saya berharap kegiatan Rakortek ini dapat bermanfaat sekaligus untuk menjalin kebersamaan dalam upaya memajukan Provinsi Kalimantan Selatan,” harapnya.

Rapat koordinasi teknis yang dibuka langsung oleh Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI, BP H.M.Habibullah,S.SI,M.Si, tidak hanya dihadiri oleh peserta dari BPS Kabupaten/Kota maupun Provinsi tetapi juga dihadiri oleh perwakilan dari Instansi luar yaitu disdukcapil dan KB, Diskominfo yang menjadi bagian dari Tim Pelaksana Kegiatan LF SP 2020 dengan tujuan agar berkolaborasi untuk melaksanakan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.(Rony/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here