Jakarta – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor kembali meraih penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2022.

Bagi Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, penghargaan ini diterima berturut-turut sejak 2016.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Nurul Fajar Desira , di Jakarta, Selasa (24/5).

Paman Birin pun bersyukur dan berterima atas apresiasi serta penghargaan sebagai Pembina K3 berturut-turut setiap tahun sejak 2016.

“Alhamdulillah, penghargaan ini adalah hasil kerja sama dari semua pihak, sinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemprov Kalsel dan perusahaan di banua untuk mengimplementasikan K3 dengan baik,” kata Paman Birin.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menuturkan, berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, pada bulan Januari hinggga Maret tahun 2022 di Indonesia terdapat 61.805 kasus kecelakaan kerja.

Data tersebut penyumbang terbanyaknya adalah usia muda. Ini adalah sinyal usia muda belum memiliki kesadaran prilaku selamat dalam bekerja.

Untuk itu diperlukan pendekatan upaya promotif preventif implementasi K3 dilakukan dengan inovatif yang menyasar kepada kaum muda.

Dalam kesempatan tersebut, Ida mengingatkan bahwa K3 perlu dilakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Pemberian penghargaan itu, kata Ida, merupakan hal yang penting karena masih banyak ketidakpatuhan terhadap norma K3 yang mendorong terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat akibat kerja.

“Upaya ini adalah bentuk apresiasi terhadap keberhasilan dalam pengawasan K3 melalui langkah-langkah pencegahan, pemberian saran atau pembinaan dan deteksi dini serta penegakan hukum terhadap pelanggaran peraturan perundang- undangan K3,” demikian ujar Ida.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan Irfan Sayuti mengatakan, penghargaan tahun ini diberikan kepada Gubernur Kalsel dan 14 Gubernur lainnya. 

Disampaikanya, penghargaan juga diserahkan kepada perusahaan di banua diantaranya, kecelakaan nihil (zero accident) diberikan 116 perusahaan, Penghargaan program pencegahan HIV – AIDS di tempat kerja di berikan kepada 36 perusahaan, Penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3) ada 17 perusahaan, penghargaan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sebanyak 59 perusahaan. (Syh/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here