Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor meresmikan Siloam Hospitals Banjarmasin sebagai rumah sakit ke-40 dari jaringan Siloam Hospitals Group, sekaligus penandatanganan prasasti, Selasa (24/5).

Turut hadir Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, dan rekanan perusahaan dan asuransi, serta manajemen dan staf rumah sakit.
Gubernur mengungkapkan, meskipun pemerintah daerah memiliki rumah sakit sendiri, tetap diperlukan peran swasta dalam berkontribusi terkait pelayanan kesehatan melalui penyediaan rumah sakit dan segala fasilitasnya.

Hal ini disebabkan jumlah masyarakat Kalsel yang cukup besar, ditambah tuntutan masyarkat dari provinsi tetangga yaitu Kalimantan Tengah.

Fasiltas kesehatan mempunyai andil yang besar dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat. Karenanya Pemprov Kalsel berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan ini.

Gubernur juga menyambut baik dan mendukung kehadiran Siloam Hospitals dan berharap pihak manajemen memperluas jangkauan hingga tempat lain, termasuk di wilayah Ibukota provinsi yakni Kota Banjarbaru.

Sementara itu, CEO & Deputy President Director Siloam Hospitals Group (SHG) Caroline Riyadi menyebutkan, rumah sakit ini beroperasi sejak 2021 di Banjarmasin dan diawal operasional, telah melayani masyarakat yang terkena covid-19.


Dikatakan, SHG juga berkomitmen untuk terus melakukan berbagai pengembangan untuk peningkatan pelayanan kesehatan hingga jaringan.

SHG Dilengkapi dengan beragam spesialisasi antara lain kanker (onkologi), anak, bedah umum, kebidanan dan kandungan dan diperkuat jajaran tim dokter spesialis, sub-spesialis, serta tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman,

Siloam Hospitals Banjarmasin lanjut Caroline, juga membangun kerja sama erat dengan pusat kanker terpadu Siloam Hospitals Group yaitu MRCCC Siloam Hospitals Semanggi yang berlokasi di Jakarta demi mewujudkan upaya pemulihan pasien kanker secara tepat, efektif, dan holistik.

Kerja sama ini akan memudahkan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal, terutama penanganan kanker.

Akses dan komunikasi dokter spesialis onkologi dan pasien kanker di Siloam Hospitals Banjarmasin dengan dokter spesialis dan konsultan onkologi di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi akan terbuka lebar, sehingga jika ditemukan kasus-kasus yang perlu penanganan lebih lanjut di Jakarta,

Lebih lanjut dijelaskan, sebagai bentuk nyata komitmen melayani masyarakat, Siloam Hospitals Banjarmasin juga menghadirkan pelayanan IGD 24 jam dan dilengkapi dengan ruang ICU dan HCU, radiologi (CT Scan dan X-roy), ruang kemoterapi, rehabilitasi medik, laboratorium, farmasi, serta beberapa fasilitas lainnya untuk menunjang kebutuhan operasional rumah sakit. sal/adpim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here