Ratusan Rumah Terdampak Banjir Di Tabalong

0
1042

Tabalong – Sebanyak 430 rumah atau 430 Kepala keluarga terdampak banjir yang melanda tiga Kecamatan di Kabupaten Tabalong yaitu Kecamatan Murung Pudak, Haruai dan Upau. “Terdampak banjir ada 430 KK atau 1559 jiwa, ini data Tagana Kalsel per Jumat 27 Mei 2022,” kata Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel H Achmadi, Jumat (27/5/2022) sore.

Berdasar data Tagana Kalsel, banjir di Kecamatan Murung Pudak terjadi di wilayah Kelurahan Mabuun tepatnya di tiga Komplek perumahan penduduk. Sementara di Kecamatan Haruai banjir melanda daerah Desa Wirang, Marindi, Halong dan Nawin. 

Sedangkan wilayah Kecamatan Upau yang terdampak banjir adalah desa Kinarum, Pangelak, dan Kaong.

Untuk tanggap darurat terdampak banjir pihak Pemprov Kalsel menerjunkan dua regu Tagana Dinsos Kalsel ke lokasi bencana. 

TRC Tagana Kalsel ditugaskan melakukan assemen kebutuhan logistik dan tanggap darurat. “Ini dilakukan guna  pengurangan resiko bencana serta ketahanan bencana masyarakat,” kata Achmadi. Khusus di Kecamatan Haruai, dengan adanya Kampung Siaga Bencana ( KSB ) diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana masyarakat.

Pantauan Tagana Kalsel yang melakukan Monitoring bersama aparat setempat, Banjir di Kabupaten Tabalong terjadi di tiga Kecamatan yaitu Haruai, Upau dan Tabalong. “Laporan tim Tagana, hari ini hujan mereda di sana sehingga terjadi penurunan debit air sementara ini,” kata Madi.

Di wilayah Murung Pudak, mulai terjadi penurunan air dengan ketinggian berkisar 10 – 60 cm. Sementara pantauan di Haruai, ketinggian air masih rentan naik karena luapan Sungai Kinarum dan Sungai Muara Uya.

Bahkan jalur penghubung antara Desa Halong dan Desa Nawin Kecamatan Haruai putus akibat tingginya genangan air.

“Namun untuk kebutuhan air bersih dari PDAM dan listrik PLN sudah bisa jalan saat ini,” terang Achmadi.

Sebelumnya diberitakan, Akibat Curah hujan yang tinggi sejumlah kecamatan di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan terendam, Kamis (26/5/2022).

Kepala BPBD Tabalong Zainuudin mengatakan, kecamatan yang cukup terdampak yakni Kecamatan Upau dan Haruai juga Murung Pudak. Ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini