Kandangan – Mal Pelayanan Publik (MPP) di kawasan Pasar Kota Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diresmikan Selasa (31/5/2022). Diharapkan kehadiran MPP ini  dapat mempercepat pelayanan bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya pelayanan terpadu melalui MPP, masyarakat tidak perlu menghabiskan banyak tenaga dan waktu untuk mengurus perizinan maupun administrasi.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengingatkan para jajarannya untuk terus melakukan inovasi dan terobosan pelayanan publik secara berkelanjutan. Menurutnya pembangunan MPP Kab. HSS dapat dijadikan momentum untuk memotivasi penyelenggara layanan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan pelayanan publik yang semakin baik, mudah, cepat, aman, transparan, dan akuntabel. Disamping itu kami terus mendorong dan mengawal peningkatan kualitas pelayanan publik kabupaten dan kota di wilayah Kalimantan Selatan,” ucap Gubernur disapa Paman Birin ini.

Lebih lanjut, pihaknya juga berkomitmen untuk terus memacu kabupaten dan kota di wilayahnya untuk segera membangun MPP. Sampai saat ini Kalimantan Selatan telah memiliki tiga MPP yaitu di Kota Banjarbaru, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo hadir secara virtual pada peresmian MPP Kab. HSS, Provinsi Kalimantan Selatan.

“Hari ini Deputi bidang Pelayanan Publik bersama jajaran Kementerian PANRB hadir untuk menyaksikan sekaligus meresmikan. Saya yakin Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah melakukan yang terbaik bagi masyarakatnya,” ucapnya.

Gagasan utama MPP adalah memadukan berbagai layanan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, daerah, BUMN/D, dan swasta. Hadirnya MPP merupakan sebuah upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang berdampak pada percepatan dan pengintegrasian seluruh pelayanan, baik di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan maupun Kab. HSS.

Pembangunan MPP di daerah merupakan bagian dari tindak lanjut visi misi Presiden dan Wakil Presiden RI dalam fokus reformasi birokrasi. Lahirnya MPP memberikan kecepatan proses perizinan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan perekonomian yang ada di daerah.

“Saya atas nama pemerintah pusat menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas lahirnya MPP Hulu Sungai Selatan. Jaga dan berikan layanan yang terbaik untuk masyarakat dengan ramah dan senyum, yang penting kecepatan sehingga masyarakat puas dengan kinerja aparatur sipil negara,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry menyampaikan MPP Kab. HSS menjadi sebuah terobosan baru dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Diharapkan MPP membawa kecepatan pelayanan sekaligus untuk mengubah pola pikir ego antar-perangkat daerah.

“Pada era digitalisasi saat ini, memberikan pengaruh besar untuk menyinergikan program pemerintah, khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” pungkasnya. (Ary/HUMAS MENPANRB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here