Banjarmasin – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, memiliki perhatian khusus bagi Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Wilayah Kalsel.

Hal itu disampaikan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel dalam pembukaan Rakor Apkasi Wilayah Kalsel melalui daring pada Selasa (31/5).

Saat menyampaikan sambutan secara daring karena saat bersamaan berada di Kabupaten HSS menghadiri peresmian Mall Pelayanan Publik, Paman Birin menyampaikan apresiasi Rakor Apkasi Wilayah Kalsel ini.

Paman Birin mengatakan, tema yang diangkat dalam Rakor Apkasi Wilayah Kalsel yaitu Peningkatan Kerjasama dan Aspirasi Daerah dalam Rangka Pertumbuhan Perekonomian Guna Mendukung Ibukota Negara Baru, sangat relevan dan searah dengan sasaran tujuan pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan kedepan.

“Untuk mewujudkan visi Kalsel Maju, yaitu Kalimantan Selatan Makmur Sejahtera dan Berkelanjutan sangat penting untuk kita melihat dan mendengar berbagai aspirasi dari Apkasi, khususnya terkait peran dalam mendukung Ibukota Negara Baru,” sampainya.

Saat ini dan kedepan sebut Paman Birin, diperlukan peningkatan kerjasama dan kolaborasi di berbagai bidang, untuk mencapai cita-cita dan tujuan pembangunan daerah.

Ditetapkannya Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara baru, serta Kalimantan Tengah sebagai food estate, akan berdampak positif bagi Kalsel secara keseluruhan, Kalsel berdekatan langsung dengan wilayah IKN dan food estate tersebut.

“Kalsel memiliki posisi yang sangat strategis, sangat memungkinkan untuk menjadi pintu gerbang dan simpul transportasi regional dari dan menuju Ibu Kota Negara baru. Kemudian, 2 kabupaten di daerah kita, yaitu Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Kotabaru, merupakan daerah yang dekat dengan kawasan IKN,” jelasnya.

Ditambahkan Paman Birin, Pemprov Kalsel secara bertahap dan berkelanjutan terus berupaya mengajak seluruh pemerintah kabupaten/kota diseluruh Kalsel melalui Apkasi untuk bersama-sama mengembangkan, menyiapkan, serta mengarahkan pembangunan di daerah masing-masing sejalan dengan visi misi provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara Bupati Tanah Laut, H. Sukamta yang merupakan Koordinator Apkasi Wilayah Kalsel menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Paman Birin yang berkenan hadir meski secara daring, dan dapat menyampaikan sambutan maupun arahan bagi Apkasi Wilayah Kalsel.

Dikatakan Sukamta, hasil dari rakor ini akan menjadi materi pokok pada saat Rakornas Apkasi nanti.

Hadir dalam rakor ini diantaranya Bupati Batubara, H Zahir sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan mewakili Ketua Umum Apkasi, Plt.Bupati HSU H.Husairi Abdi dan Wakil Bupati Barito Kuala H. Rahmadian Noor (Rony/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here