DLH Kalsel Siapkan Pembasahan

0
205

Banjarbaru – Dinas Lingkungan Hidup Kalsel turut serta dalam Rakor Antisipasi dan Kesiapsiagaan menghadapi Bencana asap Akibat Karhutla Tahun 2022, di Setdaprov Kalsel Banjarbaru Selasa (31/5/2022). Kadis Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan pihaknya turut berperan dalam antisipasi Karhutla melalui dana tugas pembantuan sesuai prioritas kerja arahan Presiden Jokowi.

“Melalui dana tugas pembantuan tersebut, kita akan melaksanakan operasi pembasahan di areal rawan kebakaran yang masuk kawasan KHG (kesatuan hidrologis gambut),” ungkap Hanifah.

Kalsel memiliki 4 KHG, dimana beberapa diantaranya merupakan areal yang rawan terbakar pada saat puncak musim kemarau. Parameter pembasahan lahan gambut dilakukan apabila dalam 5 hari tak ada hujan maka disiapkan langkah pembasahan.
Selain itu kelompok masyarakat sekitar rawa gambut juga dilibatkan untuk mencermati kondisi dan memantau lahan gambut. “Melalui dana tugas pembantuan kita juga akan melakukan pembangunan dan Pemeliharan sekat kanal, pembuatan sumur bor dan melakukan revitalisasi ekonomi serta pemberdayaan masyarakat. 

“Kita harapkan bencana Karhutla seperti tahun 2015 dan 2019 dapat kita cegah pada saat puncak musim kemarau 2022,” pungkas Hanifah. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here