Sandiaga Uno Berharap Desa Wisata Kubah Habib Basirih Dikembangkan

0
267

Banjarmasin – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Desa Wisata religi Kubah Habib Basirih, Jalan Keramat, Kelurahan Basirih kota Banjarmasin, Kalsel, Jumat (3/6/2022).

Wisata religi Kubah Habib Basirih, merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang masuk dalam 50 desa wisata terbaik, dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 Kemenparekraf.

Menteri Sandiaga menilai, selain bisa menikmati susur sungai, desa wisata kubah Habib Basirih juga menyuguhkan keindahan dan kearifan lokal.

Sehingga sangat cocok menjadi tujuan para wisatawan. Baik dari wisatawan lokal maupun luar daerah.

“Kita dapat laporan, ada sekitar 100 ribu orang yang datang berziarah ke Kubah Habib Basirih,” katanya.

Dia berharap Pemerintah Daerah dan warga setempat bisa bersama-sama mengembangkan desa wisata Kubah Habib Basirih, agar bisa menjadi desa wisata unggulan.

“Kita harapkan juga produk-produk dan kerajinan ekonomi masyarakat setempat juga bisa ikut terangkat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Syarifuddin mengungkapkan, kedepan pihaknya mendorong pemerintah di Kabupaten/kota agar desa wisata yang ada di Kalsel juga bisa menjadi unggulan guna memajukan ekonomi masyarakat.

“Kita ingin masyarakat tak perlu keluar daerah untuk berwisata, cukup di banua, karena alam kita sudah memberikan banyak kelebihan, tinggal bagaimana kita meningkatkan potensinya agar lebih baik,” jelasnya.

Adapun diketahui, terpilihnya Kubah Habib Basirih sebagai 50 desa wisata terbaik di Indonesia telah melalui proses seleksi yang panjang.

Dimana, Lebih dari 7 ribu desa wisata ada di seluruh Indonesia pada tahun 2022, dan terjaring 3.419 peserta desa wisata dari 34 Provinsi di Indonesia.

Rangkaian pemberian anugerah tersebut, sudah melalui beragam tahap kurasi berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here