7 Kloter Haji Kalselteng Siap Berangkat

0
201

Banjarmasin – TAHUN 2022 ini, calon jamaah haji Kalimantan Selatan yang berangkat ke Tanah Suci Makkah-Madinah, Arab Saudi akan dibagi dalam 7 kelompok terbang (kloter) bersama Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

UNTUK satu kloter Embarkasi Banjarmasin terdiri dari 360 calon jamaah haji (CJH). Rinciannya, 356 CJH plus 4 petugas dalam setiap kloter, terdiri dari ketua kloter, pembimbing indaha, dan dua petugas kesehatan.

“Hal itu berdasar ketetapan Dirjen Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag). Rencananya, dari 7 kloter akan diberangkatkan dalam dua gelombang,” ucap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin dalam keterangannya di Banjarmasin, Rabu (25/6/2022)

Untuk 7 kloter itu adalah kloter 1 (Kabupaten Tabalong, Balangan dan Banjar), kloter 2 (Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjar dan Kota Banjarbaru), kloter 3 (Hulu Sungai Utara, Tapin, Barito Kuala dan Banjarmasin). Kemudian, kloter 4 (Kabupaten Tanah Laut, Kotabaru, Tanah Bumbu dan Banjarmasin). Sedangkan, kloter 5 dan 6 diisi CJH asal Provinsi Kalimantan Tengah. Terakhir, kloter 7 asal Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin serta Provinsi Kalteng.

“Untuk kloter 1 sampai kloter 5 akan masuk dalam gelombang pertama mendarat di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah.  Kemudian, kloter 6 dan 7 diberangkatkan pada gelombang kedua mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi,” ucap mantan pejabat Kemenag RI ini.

Untuk kesiapan pemberangkatan CJH Kalsel plus Kalteng, Tambrin mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura 1 selaku pengelola Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru serta Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan jamaah haji menyediakan pesawat jenis Airbus 330 dengan seat penumpang 360 orang.

Sedangkan, berdasar CJH yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) atau dulunya bernama ongkos naik haji (ONH) sebanyak 1.743 orang di Kalsel. Sedangkan, di Kalteng tercatat 736 orang, terhitung sejak 20 Mei 2022. Sebab, daftar tunggu (waiting list) CJH di Kalsel hingga 10 Mei 2020 tercatat sebanyak 132.208 orang. Sedangkan, Bipih berdasar Keppres Nomor 5 Tahun 2022 untuk Embarkasi Banjarmasin sebesar Rp Rp83.097.125,05.

Direncanakan, kloter 1 akan masuk Asrama Haji Banjarmasin di Jalan A Yani Km 28,9, Banjarbaru pada 11 Juni 2022. Kemudian, berangkat dari Bandara Internasional Syamsudin Noor pada 12 Juni 2022. (Ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here