Hari Lingkungan Hidup 2022, Gubernur Kalsel Ajak Pemulihan Secara Kolektif

0
213

Banjarbaru – Pemprov Kalsel menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di Halaman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru Selasa (7/6/2022). Kegiatan dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Wabup Banjar Habib Idrus, Wakil walikota Banjarbaru Wartono, Kadis LH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, SKPD Pemprov Kalsel, pegiat lingkungan serta pihak perusahan yang berkontribusi dalam pembangunan lingkungan di Kalsel.

Dalam peringatan itu ditandai dengan nota kesepahaman antara Gubernur Kalsel dengan Walikota Banjarmasin, Wawali Banjarbaru dan Wabup Banjar terkait Program Merdeka Sampah” di sepanjang jalan protokol jalan menuju ibukota Provinsi Kalsel.

Selain itu diserahkan secara simbolis bantuan kendaraan operasional pengangkut sampah baik roda empat dan roda tiga sumbangan berbagai perusahaan kepada berbagai kelurahan dan desa di Banjarmasin dan Kabupaten Banjar.

Termasuk penghargaan kepada sejumlah pegiat lingkungan terutama kepada Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia yang mendapatkan Kalpataru dalam kategori penyelamat lingkungan.

Gubernur Kalsel mengatakan untuk memulihkan dan melindungi lingkungan hidup saat perlu upaya kolektif dan transformatif. “Dalam semua  pembangunan perlu diperhatikan aspek lingkungan lebih serius,” kata Paman Birin.

Menurutnya ada enam pilar pembangunan lingkungan berkelanjutan yaitu air bersih dan sanitasi yang layak,kota dan pemukiman berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim dan ekosistem lautan dan daratan. “Enam pilar ini harus menjadi landasan pembangunan lingkungan di Kalsel,” kata Paman Birin.

Tugas pembangunan lingkungan bukan semata tugas Dinas Lingkungan Hidup tapi juga tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan yang bersinggungan dengan lingkungan. Ia juga mengapresiasi peningkatan indeks kualitas lingkungan hidup Kalsel yang semakin meningkat.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan  peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 ini diharapkan menjadi momentum untuk merefleksi kembali langkah-langkah dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan.

“pelestarian dan perlindungan lingkungan harus menjadi perhatian semua kalangan termasuk pelaku usaha, karena hal tersebut merupakan hak dari anak cucu di masa yang akan datang,” kata Hanifah. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here