Idul Adha 1443 H, Ketersediaan Hewan Kurban Kalsel Cukup

0
87

Banjarbaru – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel memastikan ketersediaan hewan kurban jelang Idul Adha mencukupi, Banjarbaru, Senin (13/6/2022).

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi mengatakan, saat ini menjelang Idul Adha 1443 H kebutuhan ternak terutama sapi, kerbau, dan kambing mengalami peningkatan. 

“Untuk keperluan pemotongan hewan kurban di Kalsel dapat dinyatakan cukup memenuhi kebutuhan, baik dari ketersediaan di Kalsel sendiri dan ditambah pemasukan dari luar Kalsel yang bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), setelah melalui proses karantina yang ketat,” kata Suparmi.

Suparmi menjelaskan, sapi atau kambing dikirim dari dari area yang dinyatakan zona hijau dan hewan bisa masuk langsung ke pelabuhan.

Disbunnak Kalsel terus melakukan update data per tiga hari, terkait data ketersediaan hewan kurban di Kalsel.

“Ini merupakan upaya menjaga ketersediaan hewan kurban di Kalsel yang mana selanjutnya akan disampaikan surat edaran ke kabupaten/kota terkait pemotongan hewan kurban pada saat sebelum dan sesudah pemotongan untuk segera membentuk tim pemantauan dan pemeriksaan hewan kurban,” jelas Suparmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here