Makkah (PHU Kemenag Kalsel) – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Hidayaturrahman, menyebutkan saat ini suhu di Arab Saudi mencapai 59 Drajat Celcius. Oleh karenanya dia mengingatkan kepada seluruh Jemaah haji Kalsel yang saat ini dua Kelompok Terbang (Kloter) sudah berada di Madinah dan lima Kloter masih di daerah untuk serius memperhatikan himbauan terkait penggunaan alas kaki ketika ingin keluar.

“Jangan sepelekan himbauan ini, sebab sudah ada beberapa Jemaah dari daerah lain yang kakinya melepuh dan harus dilarikan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), pagi tadi ada jemaah dari provinsi lain memaksakan diri mau pulang tanpa sendal hanya pakai kaos kaki namun kita cegah karena kita sudah siapkan sendal” katanya, Rabu (15/6/2022).

Petugas Haji asal Banjarmasin yang akrab dipanggil Dayat ini menegaskan penting bagi jemaah untuk mengamankan sendiri alas kakinya agar tidak sampai hilang. “Harus dibawa masing-masing jangan dititipkan dengan teman, sebab ada kemungkinan akan terpisah, oleh karena bisa bawa kantong plastic sendiri untuk membawa alas kaki masing-masing,” tegasnya.  

Selanjutnya Dayat menyarankan misalnya hilang, sebaiknya jangan memaksakan diri kembali kepemondokan tanpa alas kaki. “Minta bantuan petugas Sektor Husus yang sudah menyiapkan beberapa sendal cadangan untuk jemaah haji, atau bisa juga minta bantuan teman,” sarannya.  

Himbauan selanjutnya, untuk  pelaksanaan umrah jalan yang aman dari Jarwal adalah pintu Shofa atau Marwah dan selesai nya bisa keluar dari pintu Marwah “Dari Jarwal bisa jalan kaki ke masjid sekitar 15 menit namun tidak dianjurkan karena jalanan sepi dan rawan, sebaiknya naik bus saja,” katanya.

Terakhir beliau berpesan kalau ada masalah diseputar masjid silahkan datangi petugas Sektor Husus haram yang berada di Babus Salam, pintu Marwah, WC 3 depan Tower Zam-zam, WC 6 masjid perluasan, areal Mas`a dan areal Mataf. (rajudin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here