Banjarmasin – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor mengingatkan kecukupan pangan dalam keluarga adalah yang utama.

Hal ini disampaikannya Paman Birin, sapaan Gubernur Kalsel itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Fathurrahman pada acara Pembukaan Bimtek Pemanfaatan Halaman Pekarangan untuk Ketahanan Pangan Keluarga di Mahligai Pancasila, Rabu (15/6).

Paman Birin menyampaikan apresiasinya akan pelaksanaan bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Kalsel yang bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel kali ini. 

“Melalui program dari PKK ini, daerah yang padat penduduk dan tidak memiliki halaman yang luas pun masih dapat memanfaatkan ruang yang ada,” sampainya.

Menurutnya, program bimtek untuk pemanfaatan halaman ini dapat menjadi sebuah usaha untuk meningkatkan imunitas dan gizi keluarga, terutama di masa transisi covid-19 ini.

Dengan optimalisasi halaman pekarangan, tiap keluarga bisa menanam berbagai tanaman yang dapat menjaga ketahanan pangan dan memberikan tambahan gizi bagi keluarga. 

Hal ini menjadi penting menurut Paman Birin, mengingat Provinsi Kalsel termasuk salah satu daerah dengan angka stunting yang tinggi di Indonesia.

“Mengingat Kalsel masih menjadi salah satu daerah dengan angka kasus stunting tertinggi, sudah sepatutnya kita sama-sama bergerak dalam mencegah kurangnya pemenuhan gizi,” terang Paman Birin.

Lebih lanjut dirinya mengharapkan kepada kader PKK baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota untuk melaksanakan dan memantapkan upaya strategis dalam penanganan stunting.

“Mantapkan bersama gerakan ‘Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, Teratur Indah dan Nyaman (AKU HATINYA) dalam pemenuhan kebutuhan pangan keluarga,” pesan Paman Birin.

Paman Birin juga berharap, para Kader PKK sadar akan pentingnya pemanfaatan pekarangan, terutama untuk menyediakan pangan. Sehingga selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, bila berjalan dengan baik juga bisa meningkatkan ekonomi keluarga.

Sementara itu, dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Panita, Sukmawati, hasil yang diharapkan dari pelaksanaan bimtek ini adalah munculnya kesadaran untuk memanfaatkan pekarangan dan pengetahuan tentang pengelolaan sampah keluarga.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Pokja III TP PKK Pusat, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi, Penilik Pertanian DPTP Provinsi Kalsel dengan total 91 peserta yang berasal dari Pokja III TP PKK kabupaten/kota, kecamatan dan desa se-Kalsel. (Ran/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here