Museum Lambung Mangkurat Gelar Pameran Permainan Tradisional

0
229

Banjarbaru – UPTD Musem Lambung Mangkurat Kalsel menggelar pameran temporer pertama tahun 2022 dengan tema pameran tradisional Kalsel. Tema yang diambil adalah membangun kreativitas dan pendidikan karakter.

Pameran digelar sejak 15 Juni hingga 15 Agustus 2022.

Kepala Museum Lambung Mangkurat Suprihanto membuka resmi kegiatan pameran ini mewakili Kadisdikbud Kalsel Muhammadun. Ia mengatakan kegiatan pameran ini yang pertama oleh Museum Lambung Mangkurat di tahun 2022. “Pameran ini memberikan pengetahuan kepada para anak didik, sekaligus mengenalkan benda materiil koleksi di museum berupa permainan tradisional,” kata Suprihanto.

Pihaknya juga berharap pengenalan permainan tradisional ini dapat membangun pendidikan moral dan pembentukan karakter khususnya kepada anak didik dan generasi muda. “Dengan pameran ini juga diharapkan dapat melestarikan permainan tradisional agar tak tergerus modernisasi,” kata Suprihanto.

Sementara Ketua Panitia Nanang Syaifuddin mengatakan dengan digelarnya pameran permainan tradisional Kalsel ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang kejujuran, kepercayaan diri, kecerdasan, toleransi dan lainnya.

Adapun koleksi museum yang dipamerkan berupa alat permainan bacit, damdaman, basusumpit, baka layangan, batewah, badaku, basihi, batungkau, bakaleker, balogo dan berbagai permainan tradisional Kalsel lainnya. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here