Banjarbaru – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat melaksanakan pameran temporer permainan tradisional Kalsel dengan tema “Membangun Kreativitas dan Pendidikan Karakter”.

Adapun permainan tradional dikenalkan pada para siswa berupa alat permainan bacit, damdaman, basusumpit, baka layangan, batewah, badaku, basihi, batungkau, bakaleker, balogo dan berbagai permainan tradisional Kalsel lainnya. 

“Tujuannya pameran ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat koleksi benda yang dimiliki Museum Lambung Mangkurat, salah satunya permainan tradisional,” ucap Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat, Suprihanto, Banjarbaru, Rabu (15/6/2022).

Dalam permainan tradisional banyak mempunyai nilai pembentukan karakter seperti nilai kerja keras, kebersamaan dan sportifitas.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalsel, M. Taufik Akbar menambahkan pameran ini akan diselenggarakan selama satu bulan dengan memperlihatkan belasan koleksi permainan tradisonal.

“Kegiatan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional (BOP)  Museum dan Taman Budaya (MTB) tahun 2022,” tambahnya. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here