Serangan Hama Tungro Tanaman Padi Kalsel Dikendalikan

0
149

Banjarmasin : Serangan hama tungro yang melanda areal tanaman padi di Provinsi Kalimantan Selatan sejak beberapa pekan terakhir terus bisa dikendalikan.

Pernyataan itu dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, Syamsir Rahman, saat ditemui awak media, di Banjarbaru, Selasa (14/6/2022).

Syamsir mengatakan, pengendalian tungro terus digalakan, dengan gerakan melibatkan dinas pertanian di daerah bersama para petani.

“Kenapa saya katakan menurun serangannya, karena saat ini tingga 20 persen saja, kita punya tim pengendalian hama, Alhamdulilah wilayah Kurau yang pertama kali diserang tungro kini sudah kembali hijau,” kata Syamsir.

Syamsir juga optimis, serangan hama tungro ini tidak mempengaruhi produksi padi Kalsel tahun 2022. Dimana 2021 Kalsel mampu produksi 1,04 juta ton gabah kering giling dari seluas 255 ribu hektar.

“Saya tegaskan serangan ini tidak mempengaruhi hasil panen padi Kalsel.

Syamsir menjelaskan, bahwa serangan hama tungro selain diakibatkan perubahan iklim, juga akibat petani yang tidak merawat lahan nya dengan baik.

“Saat panen tidak langsung dibersihkan lahannya, lalu datang air yang menggenang itu. Kemudia juga karena varietas yang ditanam itu itu saja, seperti siam unus, ini cepat terkena serangan,” jekasnya.

Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalsel, serangan hama melanda tanaman padi di sejumlah daerah diantaranya Kabupaten Barito Kuala, Tanah Laut, dan Banjar. Wilayah ini merupakan sentra produksi padi Kalsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here