Arab Saudi Panas Ekstrem, Jemaah Haji Kalsel Diimbau Hindari Paparan Langsung Matahari

0
200

Banjarbaru (PHU Kemenag Kalsel) – Saat ini suhu panas di Arab Saudi cukup ekstrim mencapai 40 sd 50 drajat celsius, sebab itu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd menghimbau kepada jemaah haji asal Kalimantan Selatan agar menghindari kondisi terpapar atau berhadapan langsung dengan sinar matahari.

“Kondisi Cuaca di Arab Sudi sangat panas mencapai lebih dari 40 derajat celcius lebih, oleh karennya di usahan ketika berada diluar pemondokan untuk menghindari terpapar langsung oleh sinar matahari,” pesannya kepada Jemaah Haji Kloter 3 yang berasal dari Hulu Sungai Utara, Tapin, Banjarmasin, Hulu Sungai Selatan dan Barito Kuala. Kamis (16/6/2022) dini hari.

Untuk menghindari terpapar lamngsung matahari Tambrin menyarankan jemaah haji agar saat berada dan beraktipitas diluar gedung agar selalu menggunakan pelindung diri seperti topi, tabir surya dan kaca mata hitam. “Karena suhu udara di Arab Saudi sedang ekstrem, jadi kalau jalan keluar usahakan pakai penutup kepala bisa pakai sorban atau sajadah atau payung” ujarnya.

Selanjutnya juga pakai Alas kaki seperti sendal atau sepatu sebab kalau tidak kaki kita bisa melepuh karena panas. “Usahakan juga banyak minum air mineral, sebab ketika kepanasan lebih di utamakan kita memperbanyak minum dari pada menyemprotkan air ketubuh,” tambahnya.

Berdasarkan data Siskohat dengan diberangkatkannya jemaah haji Kloter 3 melalui Bandara Internasional    Syamsuddin Noor Banjarmasin dengan menggunakan pesawat Airbus 330 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA 8103 tersebut maka jumlah jemaah haji yang telah diberangkatkan ke Madinah berjumlah 1.072.

Selanjutnya, Jemaah haji kloter 3 Embarkasi Banjarmasin direncanakan mendarat di Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada pukul 15.10 WAS. (rajudin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here