Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ansari Saleh Banjarmasin, Among Wibowo, meminta masyarakat untuk bisa lebih memanfaatkan aplikasi Pendaftaran Mandiri Tanpa Antri (Pa Mantri) secara online.

“Aplikasi Pa Mantri sudah ada sebelum pandemi COVID-19, bisa di akses melalui situs web RSUD Ansari Saleh dan media sosial lainnya, untuk memudahkan pasien agar lebih cepat dalam melakukan pengobatan,” kata Among, di Banjarmasin, Sabtu (18/6/2022).

Dijelaskan Among, pihaknya di awal 2022 sudah menghadirkan dua mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) untuk mempermudah pelayanan pasien. Namun, mesin APM dan Pa Mantri online memiliki manfaat yang berbeda bagi pasien.

“Mesin APM digunakan untuk melayani pasien umum yang dilakukan di RSUD Ansari Saleh saat berobat dan pasien lama dengan pembiayaan umum bukan dari BPJS, dan Pa Mantri online bagi pasien yang pernah berobat di RSUD Ansari Saleh atau mempunyai nomor rekam medis, pendaftaran dilakukan 1-3 hari sebelum tanggal yang diperlukan, berlaku untuk pasien umum dan BPJS,” ujar Among.

Diutarakan Among, Pa Mantri bagi pasien bisa mendaftar dimana saja, misalnya di rumah dan saat mendaftar melalui Pa Mantri, sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah diterima atau ditolak dengan cara, seperti membuka kembali situs web Pa Mantri dan masuk ke akun sendiri, serta klik pada menu history pendaftaran yang akan terbaca di kolom tersebut, apakah berhasil atau tidak (diterima atau ditolak).

“Ditolak itu karena waktu kontrol tidak sesuai tanggal yang sudah ditetapkan, rujukan habis atau kadaluarsa, kesalahan mengunggah lembar rujukan dari Puskesmas, Dokter Keluarga, Klinik Pratama, salah unggah surat kontrol kembali dari rumah sakit, salah daftar poli tujuan, dan kartu BPJS tidak aktif. Namun, dari poin sebab penolakan akan terlihat, sehingga pasien bisa segera membaiki,” kata Among.

Diketahui, bagi pasien umum yang sudah mendaftar melalui Pa Mantri dan berhasil diterima bisa langsung datang ke RSUD Ansari Saleh untuk menuju loket kasir melakukan transaksi pembiayaan sebesar Rp60 ribu, kemudian bukti pembayaran ini ditunjukan ke petugas, dan akan memberi prioritas bagi yang sudah mendaftar online.

“Sedangkan, bagi pasien BPJS yang sudah mendaftar melalui Pa Mantri dan berhasil diterima bisa langsung datang ke RSUD Ansari Saleh untuk menuju loket BPJS dalam melakukan sidik jari, yaitu khusus untuk pasien ulangan pelayanan Poli Rehabilitasi Medik, Poli Jantung, Poli Mata, dan Poli BTKV, serta dari Poli yang disebutkan itu bisa langsung menuju Poli yang dituju,” tambah Among.

Among meyakinkan, dengan aplikasi Pa Mantri online yang sudah lama ini sangat membantu pasien, khususnya pasien yang melakukan kunjungan rutin dalam berobat.

Among pun berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien yang berobat di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin.

“Kami bekerja semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang menggunakan fasilitas di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin,” jelas Among. MC Kalsel/Ar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here