Banjarbaru – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Urusan Infrastruktur dan Perhubungan di Provinsi Kalsel bersama Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, di Banjarbaru, Sabtu (18/6/2022).

Sekretaris Dishub Kalsel, Mirhansyah mengatakan, tujuan kegiatan rakor ini untuk sinkronisasi dan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota mengenai prioritas pembangunan infrastruktur di Kalsel. 

“Jadi, kita kumpulkan seluruh jajaran Dinas PUPR dan Dishub kabupaten/kota untuk menyelaraskan program usulan prioritas pembangunan infrastruktur untuk menunjang kemajuan di Kalsel,” kata Mirhansyah.

Mirhansyah mengatakan, terkait usulan pembangunan prioritas disektor perhubungan yaitu pembangunan akses jalan bandara baru Syamsuddin Noor, perpanjangan runway bandara dan revitalisasi Kawasan Sekumpul.  Sedangkan disektor lain yang menjadi prioritas, seperti jalan Banjarbaru-Batulicin dan Jalan Tol Tanjung.

“Ini yang akan kita usulkan dengan Pemerintah Pusat melalui Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Syaifullah Tamliha. Apalagi kemaren Komisi V berkunjung ke Kalsel dalam rangka melihat pembangunan jalan bandara baru dan revitalisasi kawasan sekumpul,” ujar Mirhansyah.

Mirhansyah berharap, pemerintah pusat melalui anggota komisi V DPR RI yang membawahi bidang infrastruktur, dapat mengimplementasikan agar bisa mempercepat pembangunan infrastruktur melalui dana APBN.

“Diharapkan kabupaten/kota dan provinsi dapat bekerja sama untuk menyiapkan regulasi dan persyaratan terkait hal tersebut,” kata Mirhansyah.

Sekedar informasi, Mirhansyah menyampaikan, rencana pembangunan Runway Bandara Internasional Syamsudin Noor yaitu  500 meter dan usulan Jalan Akses Bandara baru sepanjang tiga kilometer. MC Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here