Banjarbaru – Museum Lambung Mangkurat Kalsel menggelar permainan rakyat tahun 2022 yaitu Balogo. Lomba digelar di halaman Museum dan diikuti ratusan peserta pecinta permainan tradsional khas Kalsel tersebut pada Kamis (23/6/2022).

Lomba Balogo dibuka secara resmi oleh Kadisdikbud Kalsel Muhammadun diwakili sektetaris Disdikbud Kalsel Hadeli Rosyaidi.

Dalam sambutannya Hadeli mengatakan ada dua permainan tradisional Kalsel yang sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu permainan Balogo dan Bagasing. “Dua permainan ini telah diakui sebagai permainan rakyat asli Kalsel dan mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk diperkenalkan di tingkat nasional maupun internasional,” kata Hadeli.

Sementara Kepala Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru Suprihanto mengatakan pihaknya berterima kasih atas dukungan Disdikbud Kalsel. “Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengingatkan kepada masyarakat akan permainan tradisional asli Kalsel,” katanya.

Ia berharap permainan rakyat Balogo ini dapat dimainkan semua kalangan karena punya banyak makna Luhur di dalamnya. “Permainan rakyat itu punya makna mendalam untuk melatih kejujuran, kreativitas, motivasi, kerjasama, gotong royong,” kata Suprihanto.

Karena itu pihaknya menggugah semua pihak untuk turut serta melestarikan permainan Balogo ini. “Kita akan pertahankan permainan Balogo ini karena di daerah lain tak ada,” kata Suprihanto.

Pihaknya juga siap melaksanakan kegiatan lomba Balogo ini di masa mendatang. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here