Paman Birin Sosok Gemar Ziarah Ke Makam Ulama

0
132

Martapura – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, atau Paman Birin sosok kepala daerah yang kerap ziarah ke makam para ulama serta gemar bersilaturahmi dengan para alim ulama.

Seperti Jumat (24/6/2022) subuh lalu, Paman Birin mengajak kolega dan stafnya berziarah ke Makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau lebih dikenal dengan Datu Kalampayan, di Martapura, Kabupaten Banjar.

Paman Birin terlihat membacakan surah Yaasin sekaligus memanjatkan doa untuk ulama besar tersebut.

Gemar bersilaturahmi dan berziarah ke makam ulama juga kerap dilakukan Paman Birin di sela mengikuti kegiatan formal di luar daerah Kalimantan Selatan.

Saat berada di Jakarta, ia menyempatkan waktu
ziarah ke Makam Habib Husein Bin Abubakar Al Idrus di kawasan Masjid Luar Batang Jakarta Utara.

Pun saat di Solo, Paman Birin menyempatkan diri ziarah ke Makam Habib Anis bin Alwi al-Habsyi.

Menurut Paman Birin kegiatan ziarah ke makam para alim ulama sebagai wujud penghormatan dan mengenang jasa dalam membesarkan syiar Islam.

Tujuan berziarah merupakan penghormatan kepada Datu Kalampayan dan ulama lainnya atas jasa-jasanya dalam perjuangan dan perkembangan agama Islam, Indonesia umumnya dan Kalimantan Selatan khususnya.

” Keteladanan beliau semasa hidup bisa kita dijadikan inspirasi dan sumber motivasi, terutama dalam memanifestasikan sikap Islami yang rahmatan lil alamin,” lanjutnya. (bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here