Tanah Laut Siaga Karhutla dan PMK

0
99

Pelaihari – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli menetapkan status siaga bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal tersebut disampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Karhutla dan PMK di Ruang Rapat Barakat, Kamis (30/6/2022).

Dahnial mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala harus menetapkan status siaga karhutla dengan bahan pertimbangan kondisi cuaca yang tidak menentu. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan untuk melakukan mitigasi bencana sehingga meminimalisir risiko karhutla.

“Saat ini mungkin kondisi cuaca di daerah kita tidak menentu, tapi tiga kabupaten sudah menetapkan status siaga bencana karhutla. Sehingga, untuk meminimalisir risiko karhutla pihak kita juga menetapkan status siaga,” jelasnya.

Terkait penyebaran wabah penyakit PMK, pihaknya akan menekan penyebaran wabah tersebut dengan menggenjot vaksin PMK bagi hewan ternak. Dirinya juga mengingatkan masyarakat bahwa PMK bukan zoonosis dan tidak menularkan ke manusia.

Sekda berharap masyarakat tidak percaya dengan informasi atau berita bohong tentang hewan ternak, mengingat masyarakat akan memperingati Hari Raya Idul Adha, “Pemkab akan bergerak cepat karena sepuluh hari lagi kita akan melaksanakan Hari Raya Idul Adha. Nanti akan ada tim gugus tugas yang akan membuat selebaran dan sosialisasi mengenai wabah PMK,” terangnya. (Prokopim Tala)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here