Kandangan – Tiga pengedar narkotika jenis sabu berhasil diringkus oleh Satresnarkoba Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Senin (4/7/2022) sore.

Dilansir dari Banjarmasinpost.co.id, Tiga pengedar ini diringkus hanya  dalam waktu 30 menit. Ketiganya ditangkap bergantian.

Penangkapan awal dilaksanakan di Jembatan Andi Tajang di Daha Selatan.

Ketiganya kini sudah ditetapkan sebagai tersangka pengedar  sabu.

Tersangka yaknii TH (22) warga Desa Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan  Kabupaten HSS.

Kemudian tersangka kedua yakni HR warga Desa Asam Kecamatan Simpur Kecamatan HSS. Dan tersangka terakhir yakni AR (40) warga Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan  Kabupaten HSS.

Penangkapan pertama, polisi mengamankan TH (22) di Jembatan Andi Tajang Desa Tumbukan Banyu Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Senin (4/7/2022) pada pukul 17.00 Wita.

Penangkapan ini berdasarkan hasil dari penyelidikan Satuan Resnarkoba Polres HSS.

Saat itu TH sedang berkendara dan berada di Jembatan Andi Tajang.

Dari tangan TH polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 0,04 gram.

Barang bukti yang ikut diamankan yakni satu plastic klip, satu gadget warna biru dengan IMEI 863634047949930. Tak hanya itu, sepeda motor yang digunakan pelaku juga ikut diamankan.

Sepeda motor tersebut merupakan kendaraan matik berwarna putih dengan nomor polisi DA 6457 PAJ.

TH dijerat dengan pasal Pasal 114  ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Tersangka kedua HR juga diamankan tak jauh dari lokasi ditangkapnya TH.

HR ditangkap berselang 15 menit setelah penangkapan TH atau tepatnya pukul 15.00 Wita.

Ia ditangkap di Jalan Lingkar Selatan Desa Tumbukan Banyu Kecamatan Daha Selatan.

HR juga dijerat dengan Pasal 114  ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Untuk mengelabui polisi HR juga sempat membuang sabu dengan berat 0,23 gram ke semak-semak. Namun, hal itu sia-sia. Polisi berhasil mengamankan HR bersama barang bukti.

Selain itu, polisi juga mengamankan satu gadget warna hitam dengan IMEI 868061052946491. Serta satu kendaraan roda dua berwarna putih.

Tersangka selanjutnya yakni AR warga Desa Bayanan. Ia diamankan di kediamannya di Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan.

AR dibekuk hanya berselang 15 menit dari penangkapan HR. penangkapan dilakukan pada pukul 17.30 Wita.

Sama dengan kedua rekannya AR juga dijerat dengan pasal 114  ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Paket sabu ini disimpan AR di saku celana yang dikenakan.

Penangkapan AR ini merupakan pengembangan yang dilakukan terhadap tersangka TH dan HR. dari tangan AR diamankan paket sabu dengan berat 0,23 gram.

Selain itu juga diamankan satu pak plastik klip, satu plastic klip, satu kotak rokok, satu serok plastic, satu gadget dengan IMEI 862049031562717. Selain itu juga diamankan uang hasil penjualan narkotika jenis sabu sebesar Rp 645 ribu.

Kasat Narkoba Polres HSS, AKP Ramdan Susila kepada banjarmasin post, menyebut, ketiga orang ini berkaitan. Dimana HR mendapat paket dari TH, kemudian AR mendapat paket dari HR.  Jumlahnya pun HR mengambil paket kepada TH sebanyak dua kali.

Sedangkan AR sudah tiga kali mengambil paket kepada HR.

Semua sabu tersebut digunakan pelaku untuk dijual kembali. Dalam satu kali transaksi, pelaku berhasil mengantongi uang Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per paket.

Jumlah ini bisa bertambah tergantung cara pengedar menjual kembali. Ada juga yang mengambil sabu sedikit dalam satu paket untuk dikumpulkan kembali.

“Semuanya mengaku menjadi pengedar karena alasan ekonomi,” katanya.

Kasus narkoba ini berhasil diungkap karena sebelumnya pihaknya melakukan penyelidikan. Ia berharap, kedepan kasus narkoba di  Kabupaten HSS bisa terus diungkap.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk membantu kepolisian dengan mencegah peredaran.  “Warga bisa melapor kepada kami,” katanya.

Sementara itu, kasus narkotika jenis sabu pada 2021 mencapai 419,62 gram dengan jumlah tersangka sebanyak 96 orang. Sedangkan hingga Juli 2022 barang bukti yang diamankan sebanyak 193,44 gram dengan jumlah tersangka sebanyak 76 orang. 

Sumber : Banjarmasinpost.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here