Idul Adha 1443 H, Paman Birin : Belajar Ikhlas Dari Hikmah Nabi Ibrahim

0
122

Banjarmasin – Perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang diperingati umat muslim sedunia setiap tahun pada 10 Dzulhijjah, identik dengan sejarah Nabi Ibrahim yang mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail AS.

Meskipun dilematis, Nabi Ibrahim lebih mencintai perintah dan berani jujur mengatakan perintah Allah tersebut kepada anaknya.

Nabi Ibrahim pun terbukti mampu mengalahkan ego duniawinya yakni ego terhadap kecintaannya kepada anak, melainkan lebih memilih kecintaanya kepada Allah SWT.

Salah satu hikmah kisah inilah yang digarisbawahi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin di hari raya Idul Adha tahun ini.

Paman Birin pun mengajak masyarakat muslim di Kalsel khususnya, agar bersama-sama menjadikan momentum Idul Adha 1443 hijriah ini, menjadikan diri lebih ikhlas dalam menerima apa yang ditakdirkan Allah SWT.

“Kita dapat mengambil pelajaran bahwa hakikatnya setiap diri kita adalah Ibrahim. Nabi Ibrahim yang ikhlas, ikhlas kehilangan Ismail-nya,” ujar Paman Birin.

Lanjut dikatakan, sepatutnya dalam diri ditanamkan sikap ikhlas kehilangan jabatan, harta dan sebagainya, karena semua itu hanya titipan Yang Maha Kuasa.

“Saya ucapkan selamat hari raya Idul Adha 1443 hijriyah, semoga kita dapat mengimani sifat Nabi Ibrahim AS, yang penuh keikhlasan, saling berbagi dan saling peduli,” ujarnya.

Tak lupa Paman Birin mendoakan jemaah haji asal Provinsi Kalsel yang tahun 2022 ini tengah menjalankan ibadahnya di tanah suci Mekah.

“Semoga mendapatkan haji yang mabrur, diberi kesehatan, dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’ala,” doanya. (sal/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here