Jejakbanua.com, Martapura – Ribuan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, tumpah ruah memenuhi lapangan yang berada di area dalam Lapas, untuk melaksanakan salat Idul Adha 10 Zulhijah 1443 H, Minggu pagi (10/7/22).

Sejak malam sebelumnya hingga pagi hari, gema takbir terus berkumandang ke seluruh penjuru Lapas. Mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki, satu persatu warga binaan keluar dari blok hunian menuju tempat pelaksanaan salat Ied. Pukul 7.15 WITA salat Ied dimulai, bertindak selaku khadib dan imam, H. Badarudin dari Kementerian Agama Kabupaten Banjar.

“Dengan peristiwa pengorbanan nabi Ibrahim terhadap anaknya Ismail, kita kaum muslimin dianjurkan melaksanakan ibadah kurban, agar semua ini dapat kita terapkan dalam kehidupan di dunia, dan ingatlah selalu kematian, cukuplah jadi nasihat yang baik untuk kita, mengerjakan kebaikan dan meninggalkan dosa yang dibenci Allah,” sepenggal khutbah Ied Adha yang disampaikan H Badarudin.

Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo menuturkan, suasana Idul Adha 1443 H di satuan kerja yang dipimpinnya berlangsung aman dan lancar, mulai dari malam takbiran, pelaksanaan salat Ied hingga pemotongan hewan kurban.

“Tadi malam kita melaksanakan takbiran bersama Kepala Kantor Wilayah Lilik Sujandi dan bersama ratusan warga binaan, dan pagi ini kita melaksanakan salat Ied Adha di lapangan bersama ribuan warga binaan, alhamdulillah juga berlangsung lancar dan kondusif, diakhiri nanti dengan pemotongan hewan kurban,” tutur Wahyu Susetyo.

Selepas pelaksanaan salat Ied Adha, dilangsungkan pemotongan hewan kurban sebanyak 8 ekor, terdiri dari 3 kambing dan 5 sapi. 2 kambing merupakan hewan kurban dari Kepala Kantor Wilayah Lilik Sujandi dan sapi bantuan dari keluarga warga binaan, nantinya daging kurban masuk ke dapur untuk dimasak dan dinikmati seluruh warga binaan, daging-daging lainnya juga akan dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar Lapas.

“Untuk tahun ini kita ada 8 ekor kurban, 3 kambing dan 5 sapi, dagingnya selain untuk warga binaan, nanti juga akan kita bagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar Lapas, sehingga keberadaan kita memberikan manfaat kepada orang-orang di sekitar,” sambungnya.

Kondusifitas pelaksanaan kegiatan Idul Adha 1443H/2022M di Lapas Narkotika Karang Intan menjadi konsen bersama, hal tersebut tercipta berkat sinergi yang baik dengan aparat TNI dari Koramil Karang Intan dan Kepolisian Sektor Karang Intan yang dilakukan jajaran Lapas Narkotika Karang Intan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here