BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor terus mendorong Kalimantan Selatan untuk melakukan transformasi ekonomi dari sumber daya tak terbarukan menuju sumber daya terbarukan.

“Saat ini kita tengah berupaya melakukan transformasi sumber daya alam tak terbarukan ke sumber daya terbarukan. Batu bara bisa habis, kita ke arah terbarukan seperti pertanian, peternakan pariwisata, UMKM dan yang lainya,” katanya.

Visi itu disampaikan Paman Birin saat meninjau kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) tahun 2022 yang dilaksanakan dari tanggal 11-13 Juli 2022, di Duta Mall Banjarmasin, Selasa (12/7).

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, AKI adalah program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

Menurut Sandiaga, program Kemenparekraf selaras dengan arah kebijakan Gubernur Kalsel Paman Birin yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja.

“Transformasi ini akan mampu menciptakan lapangan kerja. Kita ingin menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” sebut Sandi.

Karena itu, untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif yang bersanding erat dengan sektor pariwisata, pihaknya selain melakukan pendampingan dan mentoring juga memberikan pelatihan (workshop) agar UMKM semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Banjarmasin menjadi salah satu tuan rumah ajang kreasi untuk produk-produk kreatif dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang berlangsung di 16 kota/kabupaten di Indonesia.

Dalam acara itu, Paman Birin bersama Sandiaga Uno meninjau dan melihat dari dekat hasil kerajinan produk-produk kreatif banua. Melihat aneka produk kreatif itu, baik Sandiaga Uno maupun Paman Birin terkesan dan bangga. (syh/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here