Terbengkalai, Wisata Gunung Kayangan Pelaihari Akan Dibenahi

0
218

JejaKbanua.com, PELAIHARI – Gunung Kayangan memang seolah sudah menjadi salah satu ikon wisata di Tanah Laut (Tala). Apalagi lokasinya yang tepat berada pada titik awal memasuki Kecamatan Pelaihari sebagai Ibu Kota Tala ini bak menyambut para pelancong yang datang dari arah Ibu Kota Kalsel.

Memang saat ini kondisi wisata Gunung Kayangan dapat dibilang terbengkalai, namun Pemkab Tala tidak tinggal diam untuk membenahi kembali wisata yang pernah populer ini.

Wakil Bupati Tala, Abdi Rahman bahkan menceritakan upaya pembenahan kembali tidak hanya berfokus pada titik wisata Gunung Kayangan saja, melainkan juga area sekitarnya.

“Potensi alam Gunung Kayangan ini tentu menjadi daya tarik siapapun termasuk pihak ketiga sebagai investor yang menaruh minat berinvestasi mengambil bagian dalam rencana pembenahan ini serta membangun sarana penunjang termasuk hotel dan yang lainnya,” ujar Abdi usai rapat bersama SKPD terkait dan calon investor di Gedung Baru Rest Area Gunung Kayangan Selasa (19/7/2022) siang.

Wabup mengatakan sekarang sudah memasuki tahapan penilaian terhadap penawaran investor. Ia berharap Agustus atau September 2022 ini sudah dapat melakukan MoU dengan calon investor. Menurutnya, semakin cepat akan semakin baik terhadap dampak ekonomi masyarakat.

“Akan ada banyak dampak ekonomi nantinya, termasuk bagi masyarakat. Pendapatan dari pajak dan retribusi juga akan meningkat. Apalagi tidak sekedar fasilitas wisata bagus yang ditawarkan, melainkan juga hotel berbintang,” lanjut Abdi.

Kepala Dinas Pariwisata, M. Rafiki Effendi menambahkan, rencana pembenahan wisata Gunung Kayangan ini juga akan menambah sasaran level ekonomi dalam hal pariwisata.

“Selama ini wisata kita yang ada masih menyasar kalangan menengah ke bawah. Adanya hotel berbintang tentu ini menjadi target bagi menengah ke atas, karena selain berwisata kalangan ekonomi ini juga memiliki alternatif lainnya seperti penginapan,” imbuh Rafiki.

Jika upaya pembenahan area Gunung Kayangan ini telah terwujud, diharapkan seluruh pihak termasuk masyarakat dapat bekerjasama menjaga dan merawat fasilitas ini dengan baik. (Diskominfo Tala)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here