Tahanan Kabur Dari Lapas Banjarmasin

0
746

Jejakbanua.com, Banjarmasin – Seorang Narapidana Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banjarmasin, Kabur, Sabtu (23/07/22) siang.

Identitas, Napi, adalah Ipu Hadi, warga Jalan Murjani Gang Wijaya RT 05 Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sri Yuwono, saat dikonfirmasi turut membenarkan.

Awalnya Napi tersebut melakukan pembersihan area luar Lapas. Dengan dijaga oleh petugas lapas Teuk Dalam Banjarmasin.

“Itu narapidana yang memang melakukan bersih-bersih luar,” katanya lewat sambungan seluler.

Saat itu, ada sebanyak 10 Napi yang sedang bersih-bersih, dengan pengawasan 4 orang petugas lapas.

“Awalnya ada 10 orang, tapi setelah diapelkan cuma ada 9, saat ini kita masih pencarian, dengan dibantu Polda Kalsel. Petugas lapas juga sudah turun semuanya. Itu dari laporan Kalapasnya,” terangnya.

Sementara Kepala Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi, mengakui jika ada kelalaian dari petugas lapas hingga satu orang napi kabur.

“Kalau untuk kerja diluarnya sudah sesuai aturan. Karena masuk program Asimilasi. Dari sisa pidana, kemudian kasusnya itu tidak ada masalah. Tapi yang jelas kita akan melakukan pencarian,” tegasnya.

Ipu Hadi napi yang kabur tersebut, telah dijatuhi vonis 1 tahun 3 bulan oleh Hakim di Pengadilan Negeri Banjarmasin, pada 15 Oktober 2021 lalu. Ia terjerat pidana pencurian, dengan masa tahanan tinggal 5 bulan 9 hari. (Dkm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here