Jejakbanua.com, Banjar – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor sekaligus Kepala Majelis Pembina Daerah ( Mabida) Gerakan Pramuka Kalsel melepas jalan santai dan pentas seni Pramuka SMP Negeri 7 Karang Intan di Bumi Perkemahan Desa Awang Bangkal Timur Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar pada Sabtu (6/8).

Jalan santai ini merupakan rangkaian dari kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) dalam rangka HUT ke 61 Gerakan Pramuka dan HUT ke 77 Republik Indonesia yang digelar 4 – 6 Agustus 2022.

Kegiatan Perjusami ini diikuti oleh siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 7 Karang Intan sebanyak 128 siswa yang di bagi menjadi 16 regu. Delapan regu putra dan 8 regu putri.

Gubernur yang biasa disapa Paman Birin mengapresiasi terselenggaranya pelaksanaan kemah dan mendoakan agar bernilai positif, berjalan baik dan lancar.

Dikatakan Paman Birin, pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan generasi muda, dituntut dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan permasalahan generasi muda saat ini.

Era seperti sekarang ini lanjutnya, penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi juga banyak permasalahan bangsa yang dihadapi.

Sebagai benteng dari seluruh permasalahan bangsa adalah dengan menggiatkan generasi muda dengan kegiatan kepramukaan, dengan harapan, bahwa dengan ikut sertanya kaum muda ke dalam kegiatan pramuka akan dapat membentuk kaum muda yang berkarakter dan handal yang sanggup menghadapi berbagai macam tantangan, sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini, serta sanggup untuk menatap masa depan dengan lebih baik.

Oleh karena itu, gerakan pramuka masih dan akan tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Paman Birin juga menyebut, gerakan pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda yang disiapkan menjadi kader yang memiliki kemampuan dan keterampilan.

Untuk itu, setiap anggota pramuka dididik untuk mempunyai karakter, sikap mental, dan kecakapan hidup dalam menghadapi setiap permasalahan.

Artinya, secara garis besar, banyak hikmah yang dapat dipetik dengan mengikuti kegiatan pramuka, terutama kegiatan perkemahan, jalan santai atau pun pentas seni ini.

Kegiatan semacam ini, dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong. Tempat yang dapat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya,” sebut Paman Birin.

“Dari kegiatan ini pula, adik-adik belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian, dan belajar menjadi pemimpin bagi anggota yang lain,” ujarnya lagi.

Selain mengibarkan bendera star menandai dimulainya jalan santai, Paman Birin turut mengundi kupon peserta yang akan mendapat hadiah atau door prize dari panitia.

“Alhamdulilah. Terimakasih Paman Birin yang telah hadir bersama anak-anak dalam rangkaian Perjusami. Kami sangat bangga dan berterimakasih,” kata Juna, panitia sekaligus guru SMPN 7 Karang Intan. (sal/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here