Minggu, Desember 3, 2023
BerandaHukumPawai Ta’aruf MTQ Nasional ke 29 Tahun 2022 Disambut Meriah Masyarakat

Pawai Ta’aruf MTQ Nasional ke 29 Tahun 2022 Disambut Meriah Masyarakat

MARTAPURA,- Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka kegiatan Pawai Ta’aruf dalam rangka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXIX di Provinsi Kalsel dengan pemukulan bedug dan pengibaran bendera start di depan Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Selasa (11/10/2022) pagi.

Sahbirin Noor menyampaikan kegiatan Pawai Ta’aruf adalah untuk memperkenalkan budaya dan kesenian islam yang sangat beragam dan yang lebih istimewanya keberagaman budaya berseni islam ini melantunkan pesan-pesan yang mengingatkan manusia pada kebaikan dan sesuai dengan fitrah kemanusiaannya.

” Mari kita bersama sama memeriahkan pawai ta’aruf ini dengan meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan serta menjadikan sebagai suasana yang mempersatukan harapan untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ Nasional,” ucapnya.

Gubernur Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin tersebut berharap seluruh kafilah bisa saling mendukung kesusksesan MTQ. Masyarakat juga diminta untuk ikut serta memeriahkan dengan menjaga ketertiban dan keamanan di area kegiatan maupun dilingkungannya.

Ketua pelaksana M Syarifuddin mengatakan, tujuan pelaksanaan untuk memudahkan proses penyelenggaraan pawai ta’aruf dengan terciptanya nilai-nilai budaya dan keunggulan kearifan lokal masing-masing peserta se Indonesia.

Syarifuddin yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kalsel menjelaskan, pawai ta’aruf ini diikuti oleh seluruh kafilah se nusantara dengan jumlah 27 mobil hias dari 34 provinsi se Indonesia ditambah 13 kabupaten/kota dan 13 Organisasi Masyarakat (Ormas) Kalimantan Selatan.

Para kafilah dengan mobil hias ini menempuh sepanjang Jalan Ahmad Yani menuju bundaran Kota Banjarbaru dan kembali lagi kehalaman Kantor Bupati Banjar.

Perhelatan MTQ Nasional tersebut nantinya akan dibuka pada 12 Oktober 2022 oleh Presiden Joko Widodo di Astaka Utama Kiram Park Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, dan diselenggarakan di 3 kabupaten/kota yakni Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Salah satu warga yang tak mau ketinggalan menyaksikan even ini Syahri mengaku sangat antusias dan bahagia adanya MTQ ini dirinya berharap perwakilan dari Kalsel berhasil mendapat juara.

” Masyarakat Kabupaten Banjar khususnya dan Kalsel pada umumnya sangat terhibur dengan kegiatan pawai ta’aruf ini, sangat dinanti nantikan karena sekitar 50 tahun lamanya baru sekarang terlaksana kembali di Kalsel,” ujarnya. 

Hadir dikegiatan ini, unsur Forkopimda Prov Kalsel, Kakanwil Kemenag se Indonesia, Bupati dan Wakil Bupati Banjar, Wali Kota Banjarbaru dan Banjarmasin. Ketua TP PKK Prov Kalsel dan Kabupaten Banjar,
perwakilan gubernur se Indonesia, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI,  Kakemenag dan Kadis Pariwisata se Kalsel.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments