Rabu, April 24, 2024
BerandaHumanioraGubernur Kalsel Paman Birin Diusulkan Terima Kalpataru 2024

Gubernur Kalsel Paman Birin Diusulkan Terima Kalpataru 2024

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi  upaya Pemprov Kalsel dibawah kepemimpinan Gubernur Paman Birin dalam upaya  pengurangan lahan kritis sekaligus pemulihan lingkungan hidup melalui berbagai program salah satunya aksi penanaman pohon secara masif. Hal ini diungkapkan Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Pemulihan Lingkungan, M R Karliansyah yang mewakili Menteri LHK, Siti Nurbaya usai  menghadiri  Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia sekaligus Memperingati Hari Lahan Basah Sedunia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sukamaju Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru, Rabu (7/2/2024).

Menurut Karliansyah, upaya yang dilakukan Pemprov Kalsel dinilai signifikan dalam memperbaiki indeks kualitas lingkungan hidup.

“Sebagai orang kelahiran Kalsel, saya turut bangga karena indeks kualitas lingkungan hidup Kalsel  baik udara, air maupun dari segi kerusakan  lahan masih bagus dibandingkan Provinsi Kaltim yang memiliki areal kawasan hutan lebih luas,” kata Karliansyah didampingi Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar dan Kadishut Kalsel Hj Fatimatuzzahra.

Bahkan berdasar data pelaksanaan rehab DAS di Kalsel juga paling baik secara nasional.  

“Saya juga sudah melihat langsung hutan kota Pemprov Kalsel  yang luasnya 58 hektar lebih luas dibanding hutan kota daerah lain. 

Karliansyah juga mengapresiasi jajaran Dishut Kalsel yang menetapkan hari menanam mulai Senin hingga Jumat pagi di berbagai area lahan baik di kawasan hutan maupun perkotaan. Kegiatan menanam Dishut Kalsel ini dilakukan sepanjang musim hujan 2024.

Berdasar hal itulah Karliansyah menyarankan agar Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diusulkan ke Kementerian LHK untuk menerima Kalpataru 2024 dalam kategori pembina. “Ini juga jadi pemacu bagi daerah lain dalam perbaikan lingkungan hidup,” kata Karliansyah. 

Kegiatan penanaman serentak diinisiasi oleh Kementerian LHK diikuti berbagai elemen mulai jajaran BPDAS HL, BRGM, TNI/Polri, BUMN, BUMD, para pelaku usaha, perguruan tinggi, mahasiswa dan anggota KTH Sukamaju Landasan Ulin Barat. Ary

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments