Rabu, Mei 29, 2024
BerandaHumanioraPaman Birin dan Acil Odah Pimpin Perempuan Menanam Peringati Hari Kartini

Paman Birin dan Acil Odah Pimpin Perempuan Menanam Peringati Hari Kartini

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor Bersama ketua Tim Penggerak PKK Hj Raudatul Jannah Memaknai Hari Kartini Dengan Menghijaukan Pertiwi, 3.500 Pohon Ditanam Diareal Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Peringatan Hari Lahir Raden Ajeng Kartini Tahun 2024 yang mengusung tema ‘Bakti Perempuan Untuk Hijaukan Banua’ diwarnai penanaman pohon bersama. Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin didampingi Ketua Tim PKK Provinsi Kalsel Hj. Raudhatul Jannah yang akrab disapa Acil Odah bersama Dinas Kehutanan Prov Kalsel menggandeng Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) melakukan penanaman pohon di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) Perkantoran Pemprov Kalsel, di Banjarbaru, Senin (22/04).

Acara yang diawali dengan penanaman pohon Eucalyptus sebanyak 3.500 pohon yang kemudian dilanjutkan dengan pelepasliaran burung jenis perkutut dan tekukur sebanyak 100 ekor sebagai bentuk konservasi fauna diikuti oleh perempuan menanam yang terdiri ASN Perempuan, Organisasi Perempuan,Mahasiswi ULM, Acil Jukung, Acil Sadap, Acil Kembang, Rektor ULM, PPKH,PBPH, PBPHH, Pejabat Kayu Tangi/BPTH, UPT Kementerian LHK, dan Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel. Diharapkan dengan keterlibatan Perempuan menanam dapat menjadi pemicu untuk orang – orang sekitarnya untuk ikut BERGERAK melakukan hal yang sama dengan telah disediakannya bibit gratis dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kehutanan sesuai dengan program REVOLUSI HIJAU Gubernur Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa kepada semua pihak yang peduli terhadap lingkungan dan terlibat dalam acara penanaman hari ini. Selanjutnya Gubernur Kalsel menyampaikan bahwa slogan Perkokoh Banua Maju dengan kekuatan rakyat salah sautnya kekuatan perempuan -perembuan hebat yang Hari ini hadi.

Ketua Tim PKK Provinsi Kalsel Hj. Raudhatul Jannah dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kesadaran dalam menjaga sumber kehidupan adalah kunci kelangsungan hidup. “Event penanaman pohon ini, bukan sekedar simbolis penanaman saja, makna mendalam kegiatan ini adalah menjaga kelangsungan alam Kalimantan sebagai paru-paru dunia, momentum ini juga untuk menunjukkanl bahwa Perempuan memiliki peran besar dalam kelestarian lingkungan” ujar Ketua TIm PKK Provinsi Kalsel yang sering disapa Acil Odah .

selanjutnya dalam laporannya Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel Fathimatuzzahra menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mengingatkan betapa pentingnya menanam pohon guna keseimbangan eksositem dibumi kita. Perhatian Gubernur Kalimantan Selatan terhadap peningkatan penutupan lahan di Kalsel dengan menyediakan bibit gratis serta sesuai arahan dari Ketua TIm Penggerak PKK bahwa eksistensi Perempuan sangat diperlukan guna menduk8ng program Pemerintah baik dari sisi sosial ekonomi dan lingkungan.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi wanita berjasa dan diwarnai dengan Lomba Pantun hingga Lomba Meronce Kembang dengan berbagai hadiah menarik. Kegiatan penanaman ini didukung penuh oleh Gubernur Kalsel, sebab kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemprov Kalsel dalam menyukseskan Gerakan Revolusi Hijau yang sudah menjadi pilot project program pelestarian lingkungan secara nasional serta sebagai “bakti perempuan untuk ikut menghijaukan banua”.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments