Pemprov Kalsel Dorong Peningkatan  Kesehatan Gigi dan Mulut

0
547

Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyambut baik Musyawarah Nasional VIII Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI)  dan mempercayakan Kalsel sebagai tuan rumah.

Pemprov Kalsel juga  terus mendorong pembangunan bidang kesehatan, termasuk kesehatan gigi dan mulut.

 Bukti perhatian ini bisa dilihat dari pembangunan rumah sakit oleh Pemprov Kalsel yakni  RS Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman di Bajarmasin.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Faried Fakhmansyah yang mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam  Musyawarah Nasional VIII Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) di Banjarmasin, Jumat (22/10/2021).

Munas  dihadiri Ketua Umum PTGMI, Pejabat Kementerian Kesehatan RI, dan undangan lain.

Munas VIII PTGMI dihadiri 258 delegasi se Indonesia, terbagi dalam  35 kepanitiaan dan peserta terbanyak berasal dari Sulawesi Selatan.

Plt Kepala Pengembangan dan Pemberdayaan  SDM, Kemenkes RI, dr Kirana Pritasari secara virtual memyampaikan apresiasi kegiatan yang dilakukan para tenaga terapis di tanah air.

Diharapkan Munas ini dapat meningkatkan komitmen  sebagai tenaga kesehatan dalam menjaga mutu pelayanan kesehatan, khususnya kesehatan mulut dan gigi di Indonesia.

Di masa pandemi covid 19 ujarnya, para terapis gigi dan mulut diharapkan membantu pemerintah dalam upaya  mendorong percepatan penanggulangan Covid 19, mulai edukasi hingga program vaksinasi.

“Para terapis bisa  jadi pengerak di masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Ketum PTGMI, dr Evy Noviah dalam sambutannya, mengungkapkan  kesiapan  mendukung penanggulangan pandemi Covid 19 ini, bahkan sebelumya, sudah banyak anggota PTGMI yang menjadi relawan atau anggota satgas Covid-19.

PTGMI juga lanjut, Evy, mendukung upaya pemerintah terkait transformasi kesehatan.

Namun pihaknya juga mengharapkan 

dukungan pemerintah terhadap para terapis dengan memaksmalkan peran mereka dan menjadikan kesehatan gigi dan mulut temasuk skala prioritas program kerja. (Sal/Adpim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini