Kamis, Mei 2, 2024
BerandaHukumKalsel Sukses Gelar MTQ Nasional XXIX Tahun 2022

Kalsel Sukses Gelar MTQ Nasional XXIX Tahun 2022

Banjar – Provinsi Kalimantan Selatan sukses melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tahun 2022.

Rangkaian kegiatan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 telah berakhir dengan terselenggaranya final lomba Cabang Hifzil Al-Qur’an Golongan 1 Juz dan 5 Juz di STAI Darussalam Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan, pada hari Selasa (18/10) siang.

MTQ Nasional XXIX 2022 yang pembukaan dan penutupan di Astana Utama Kiram Park Kabupaten Banjar ini, venue lomba tersebar di 3 kabupaten/kota. Yakni di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Berbagai rangkaian kegiatan sejak awal registrasi ulang, pawai ta’aruf, malam ta’aruf, pelantikan dewan hakim, upacara pembukaan, pameran MTQ Kalsel Expo dan halal food, pelaksanaan 8 cabang lomba hingga city tour dapat terlaksana dengan baik dan lancar, tanpa ada hambatan yang berarti.

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama berbagai pihak dengan suksesnya Kalsel menjadi tuan rumah kegiatan MTQ Nasional tahun ini.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalimantan Selatan. Baik sebagai dewan hakim, panitera, panitia pusat, panitia daerah, sponsor pendukung, peserta dan pendamping, serta seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi pada penyelenggaraan MTQ kali ini,” ujar Paman Birin, sapaab Gubernur Kalsel ini.

Paman Birin juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kekurangan, kesalahan, dan kejanggalan yang disebabkan oleh keterbatasan Provinsi Kalsel sebagai tuan rumah, serta mendoakan yang terbaik bagi seluruh kafilah se-Indonesia.

“Kami ucapkan selamat jalan kepada seluruh kafilah se-nusantara, kesan dan kenangan yang ditinggalkan akan menjadi catatan dan pengingat sejarah dalam perjalanan Kalimantan Selatan Babussalam, khususnya dalam upaya bersama  mensyiarkan dan membumikan Al Qur’an,” tegas Paman Birin.

Menandai berakhirnya perjuangan 1.676 peserta dari 34 Provinsi untuk menjadi Qari dan Qariah terbaik Indonesia tahun ini, akan dilakukan upacara penutupan secara resmi oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, pada hari Selasa malam pukul 20.00 – 21.30 wita di Astaka Utama Kiram Park, Banjar.

Rencananya akan hadir pada acara penutupan Wakil Menteri Agama RI, H. Zainut Tauhid Sa’adi.

Selain juga dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor beserta Ibu Raudatul Jannah Sahbirin Noor, para Bupati/Walikota se-Kalsel, jajaran Pemprov Kalsel, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Banua direncanakan hadir.

Upacara penutupan nantinya akan dipandu oleh MC Nasional, Sonny Septian (pembawa acara Islam Itu Indah Trans TV) dan Terry Putri (Pembawa acara Karung Ramadan TVRI) dan diisi dengan kesenian lokal khas Kalimantan Selatan Madihinserta menghadirkan Wali Band.

Masyarakat dapat menyaksikan upacara penutupan melalui siaran langsung TVRI Pusat bersama dengan Ajwa TV, Duta TV, RRI, channel Youtube MTQ Kalsel, Kemenag RI, Bima Islam TV, Pena Islam TV, Subdit MTQ Official, dan KOMPAS TV. (rilis/adpim)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments