Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaEkonomi & BisnisMusrenbang RKPD 2025, Gubernur Kalsel Beberkan Data Keberhasilan Pembangunan

Musrenbang RKPD 2025, Gubernur Kalsel Beberkan Data Keberhasilan Pembangunan

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor  membeberkan sejumlah data keberhasilan capaian pembangunan dalam 10 tahun terakhir saat memberikan sambutan pada  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi Tahun 2025, Rabu (24/04/2024) di Gedung Idham Khalid Perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

Menurut Paman Birin, sudah banyak sasaran pembangunan tercapai selama 10 tahun terakhir. Di sektor pembangunan sumber daya manusia, pencapaian indeks
pembangunan manusia (IPM) berhasil naik 8 level, dari peringkat 20 di tahun 2022 menjadi peringkat 12 pada 2023, terutama pada peningkatan usia harapan hidup.
Kemudian, di sektor lingkungan hidup, Indeks Kualitas Lingkungan (IKL) berada di angka 73,50 atau di atas nilai rata-rata nasional.

Sementara itu capaian pembangunan ketenagakerjaan, juga cukup positif. 

Tercatat hingga 2023, angka
pengangguran hanya 4,31 persen dan
angka kemiskinan 4,29 persen. 

Angka ini juga jauh di bawah rata-rata nasional. Bahkan Kalsel termasuk provinsi dengan presentase penduduk miskin peringkat 2 terkecil di Indonesia.

Di sisi lain, kesenjangan pembagian pendapatan atau gini rasio, juga terus menurun. Tahun 2022, gini rasio di Kalsel berada diangka 0,317. Sedangkan tahun 2023 angkanya 0,313.

Hal ini menggambarkan ketimpangan gini rasio yang rendah dan lebih baik dari capaian nasional. 

Tidak kalah penting lanjut Paman Birin, untuk capaian tata kelola pemerintahan,
Pemprov Kalsel mendapat predikat WTP 10 tahun berturut-turut. Bahkan pada 2022, Kalsel menjadi satu-satunya provinsi di luar pulau Jawa yang memperoleh nilai Sakip A.

Di tahun lalu, Pemprov Kalsel dianugerahi penghargaan sebagai instansi pemerintah dengan implementasi reformasi birokrasi tematik terbaik pada semua tema tahun 2023.

Pada kesempatan itu, Paman Birin  juga mengajak semua peserta Musrenbang, untuk bersinergi dalam menyusun program kegiatannya, guna saling mendukung apa yang menjadi prioritas pembangunan.

Kepala Bappeda Kalsel Ariadi Noor mengatakan Musrenbang diikuti sekitar 400 peserta, diagendakan untuk menyepakati arah kebijakan pembangunan, program kegiatan dan target kerja serta lokasi kegiatan.

Sebelum Musrenbang dibuka secara resmi, dilakukan penyerahan penghargaan pembangunan daerah terbaik 2023 untuk kategori kabupaten yakni terbaik 1, 2 dan 3 adalah Hulu Sungai Selatan, Tabalong, dan Tapin. Sedangkan kategori kota adalah Kota Banjarmasin.

Dilanjutkan penandatanganan berita acara Musrenbang dan foto bersama seluruh undangan dan peserta, lalu penyerahan souvernir dari Ketua DPRD Kalsel kepada Gubernur Kalsel. Ary

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments